Laman

Minggu, 08 Januari 2012

Prokids, Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Di Gading Serpong, Tangerang baru saja hadir pusat terapi danhomeschooling untuk anak berkebutuhan khusus bernama Prokids.
Anak-anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang, keterlambatan, maupun kesulitan belajar butuh terapi dan pendidikan khusus seperti ini. Mereka adalah anak-anak yang terdiagnosis Autisme, Asperger, PDD-NOS (Pervasive Developmental Disorder not Otherwise Specified), ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), Down Syndrome, Cerebral Palsy, Mental Retarded, ADD (Attention Deficit Disorder), Speech Delay, dan Slow Learner.
Terapi maupun jalur homeschooling berguna untuk tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Di Prokids anak-anak tersebut akan menjalani terapi perilaku, wicara, okupasi, sensori integrasi, fisioterapi, dan pendidikan khusus. Tergantung pada kelemahan yang dideritanya. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini. "Kita harus mengerti betul karakter anak," kata Lina Monica selaku Principle Prokids, Sabtu (7/1/2012).
Menurutnya semua pilihan ditentukan oleh orang tua. Lina juga menambahkan, yang penting anak-anak ini bisa merasa senang seperti anak normal lainnya. Misalnya Chelsea, anak umur 3,5 tahun ini menderita autis ringan. Anak autis bisa dibilang seolah memiliki dunia sendiri. Jika namanya dipanggil, Chelsea tidak pernah merespon, ia juga tidak pernah mau berbicara atau berinteraksi dengan orang lain. Sejak mengikuti terapi selama 2 bulan, Chelsea mengalami perkembangan yang pesat. Chelsea ditangani oleh tim okupasi terapis "Jika dipanggil ia mulai menengok, dan mulai mengerti perintah kecil," kata Elsa Tanty, orang tua Chelsea.

Tidak ada komentar: