RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD 1.1
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Lumajang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan
Fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
I. Indikator
- Mendeskripsikan komponen kimiawi sel
- Melakukan pengukuran sel
- Mendeskripsikan struktur sel
- Membandingkan sel prokariotik dengan sel eukariotik
II. Tujuan pembelajaran:
Melalui pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki ketrampilan kerja ilmiah melalui:
- Mendeskripsikan komponen kimiawi sel
- Membuat preparat segar sel
- Mengukur panjang sel
- Mendeskripsikan bagian-bagian sel
- Mengidentifikasi organel sel
- Menjelaskan fungsi organel sel
- Membuat tabel perbandingan sel prokariotik dengan sel eukariotik
III. Materi pembelajaran
Materi Pokok : Sel
Sub materi : Struktur Sel
IV. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual
Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif,observasi
Model Pembelajaran
Group Isvestigation dipadu dengan Examples non examples
Sintaks Model Pembelajaran Examples non examples
1. Guru menyiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat LCD/OHP.
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tersebut dicatat pada kertas.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
7. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi sesuai tujuan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar